Sabtu, 23 April 2016

Tes Psicologi PSB 2016

Pelaksanaan Psicotest oleh Psicolog Yayuk, M. Psi

Klakah 23 April 2015–Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam Klakah tengah melakukan pemeriksaan psikologi bagi para calon siswa barunya.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum Iqbal Abdur Rofiq, S.Pd mengatakan,  pemeriksaan psikologi tersebut dilakukan agar para calon siswa dalam melakukan proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik.
Menurutnya setiap anak yang akan menganjak usia sekolah dasra harus memiliki psikologis yang baik, sehingga tekananan terhadap tugas dan proses pembelajaran tidak akan membuat anak tertekan secara psicologis

"Untuk itu diperlukan pemeriksaan kondisi psikologis bagi calon siswa baru sebelum memasuki sekolah ini, dan telah memprogram kegiatan  pemeriksaan psikologis terhadap seluruh siswa untuk mencegah agar tidak terjadi penyimpangan prilaku anak akibat dari kondisi psikologi yang tidak stabil," ujar Ustadz Iqbal.

Dari hasil pemeriksaan tes psikologi nanti akan dilihat bagaimana tingkat emosi dan perilaku peserta didik. Apakah memenuhi syarat atau tidak untuk menjadi siswa di SDIT Nurul Islam Klakah. Menurut dia, siswa yang mengalami ketidak stabilan dalam psicologis maka tidak akan diterima, selain itu tes psicologi ini akan mampu membantu dalam mengendus minat dan bakat anak, sehingga tidak terjadi lagi salah pola pembelajaran termasuk kesalahan dalam pemilihan materi ekstra kurikuler.

Pengarahan proses observasi oleh Ustadzah Indah

Kegiatan tes psicologi ini adalah bagian dari rangkaian observasi terhadap anak dan orang tua calon siswa baru yang meliputi tes pedagogig, akademik, komitmen orang tua dan psicologis. Sebelumnya SDIT Nurul Islam Klakah telah membuka pendaftaran gelombang ke-1 sejak 22 Pebruari 2016 hingga 21 April 2016. Observasi ini diikuti sekitar 47 calon siswa baru, nantinya setelah sepekan hasil tes IQ akan dikeluarkan pihak sekolah bersamaan dengan pengmuman nama-nama siswa yang diterima. NurisPerss

Tidak ada komentar:
Write komentar